Tempat Wisata Pulau Kumala Samarinda



Wisatainspirasi.blogspot.co.id - Kalimantan memanglah populer akan kekayaan sungainya yang berjumlah puluhan bahkan juga mencapai ratusan. Ada banyak sungai dengan beragam ukuran dan panjang. Selain jadi alat transportasi sungai di Kalimantan ternyata juga menaruh beragam keindahan alam yang menarik, salah satunya adalah Sungai Mahakam di Tenggarong, Kalimantan Timur.

Kutai Kertanegara yang beribukota di Tenggarong serta mempunyai satu sugai besar ini mempunyai satu taman rekreasi indah yang terdapat di tengahnya sungai Sungai Mahakam. Taman rekreasi itu yaitu Objek Wisata Pulau Kumala.

Bila Anda bertandang ke Pulau Kumala, Anda juga akan dihidangkan beragam wahana permainan seperti Ancol di Jakarta. Diluar itu keindahan alam Pulau Kumala begitu menarik dengan sungai serta Kota Tenggarong.

Objek Wisata Pulau Kumala 

Pulau Kumala kerapkali juga disebut Pantai Kumala. Pulau Kumala yaitu satu delta sungai yang seringkali terendam bila air Sungai Mahakam meluap. Pada th. 2002, Pulau Kumala diresmikan jadi tempat wisata karna keindahan alamnya serta letaknya yang ada di dalam sungai Mahakam hingga tampak seperti satu kapal di dalam sungai. Luas Pulau Kumala sekitar 81 Hektar.

Kereta Gantung Pulau Kumala
Kereta Gantung Pulau Kumala

Sebagai taman rekreasi, Pulau Kumala mempunyai kurang lebih 10 (sepuluh) wahana permainan yang dapat Anda nikmati seperti jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, kereta gantung, serta kereta api mini untuk menglilingi pulau serta beda sebagainya. Diluar itu Anda dapat juga nikmati Kota Tenggarong dari ketinggian dengan menaiki Planetarium (Sky Tower). Tinggi Sky Tower ini menjangkau 75 mtr..

Objek Wisata Pulau Kumala juga mempunyai satu akuarium raksasa yang dipakai khusus untuk menyimpan ikan pesut (orcaella brevirostris), yakni spesies lumba-lumba air tawar yang ada di Sungai Irawady, Brazil serta Sungai Mekong di China.
Tidak jauh dari Pulau Kumala, ada Museum Mulawarman yakni satu bukti histori Kerajaan Kutai yang populer, Museum Mulawarman menaruh beragam koleksi benda-benda peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara.

Pura Pask Pulau Kumala
Pura Pask Pulau Kumala

Tempat Wisata Pulau Kumala 

Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong terdapat di tengah-tengah delta Sungai Mahakam yang terdapat di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Propinsi Kalimantan Timur.

Akses Menuju Wisata Pulau Kumala 

Tenggarong berjarak kurang lebih 27 Km dari Kota Samarinda. Anda bisa memakai kendaraan umum seperti bus atau kendaraan pribadi sebagai alat transportasi. Setelah tiba di pinggir Sungai Mahakam, Anda bisa menjangkau Pulau Kumala dengan menyewa perahu motor kecil (Ketinting), bila Anda takut memakai perahu, Anda dapat juga menuju Pulau Kumala dengan kereta gantung.

Kolam Renang Pulau Kumala Samarinda
Kolam Renang Pulau Kumala Samarinda

Akomodasi 

Di Pulau Kumala sudah disiapkan beragam sarana yang juga akan mempermudah Anda waktu bertandang ke Pulau ini salah satunya :

1. Tempat parkir yang luas
2. Restoran serta warung makan dan pedagang asongan (sentra makanan ciri khas daerah setempat)
3. Mushola
4.. Isi ulang pulsa
5. Perlengkapan memancing
6. Outlet cinderamata
7. Cottage
8. Hotel
9. Wisma
10. Bumi perkemahan

Tarif Masuk ke Wisata Pulau Kumala 
Untuk menyewa perahu (ketinting) cost yang perlu Anda keluarkan kurang lebih Rp. 6.000, -
Cost masuk Rp. 2. 000, -/orang
Tarif wahana rekreasi beragam pada Rp. 2.000, - s/d Rp. 25.000, -.

Panduan 
Anda bisa berkunjung ke sebagian tempat wisata yang berdekatan dengan Pulau Kumala seperti Museum Mulawarman.

Untuk Anda yang mempunyai hoby memancing, Anda bisa membawa alat pancing atau bila Anda ingin, Anda dapat juga menyewa alat pancing di Pulau ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Pulau Kumala Samarinda"

Posting Komentar